Monday, January 13, 2014

Nahdatul Ulama vs Muhammadiyah

Nahdatul Ulama vs Muhammadiyah - Pernah mendengar nama Hasyim Asyari dan Ahmad Dahlan? Mereka berdua adalah dua tokoh Islam yang kaya. Kebelutan mereka berdua pernah berguru kepada Ahmad Khatib bin Abdul Latif al-Minangkabawi, yang merupakan seorang imam besar di Masjidil Haram di Mekkah yang berasal dari Bukit Tinggi, Indonesia.

Kemudian, masing-masing (Hasyim Asyari dan Ahmad Dahlan) mendirikan organisasi Islamterbesar di dunia, yakni Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Bayangkan saja, mereka berdua belajar pada guru yang sama, di tempat yang sama, dan pada waktu yang sama. Namun, penafsiran mereka berdua relatif berbeda satu sama lain.

Yang menariknya lagi, Hasyim Asyari yang selain sebagai ulama besar dan pahlawan nasional, beliau juga orang kaya. Beliau adalah seorang pengusaha kuda, besi, dan hasil pertanian.

Serupa dengan sosok Ahmad Dahlan. Selain sebagai ulama besar dan pahlawan nasional, beliau juga orang kaya. Beliau merupakan seorang pengusaha batik dan pemilik beberapa sekolah. Konon, ia melakukan ibadah haji pertama kali di usia 15 tahun, bisa dibilang masih muda sekali.

Dengan kata lain, baik pendiri NU maupun pendiri Muhammadiyah, keduanya sama-sama berpegang teguh pada Warisan Rasulullah SAW.

So, bagaimana menurut pendapat Anda tentang Nahdatul Ulama vs Muhammadiyah saat ini?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Nahdatul Ulama vs Muhammadiyah

1 komentar:

  1. Semoga melalui artikel ini kan menjadikan contoh untuk kita semua meski dilimpahkan harta tetapi tidak akan melunturkan dalam beribadah.trims infonya gan ,sukses selalu

    ReplyDelete

Bismillaah ..
Anda boleh meninggalkan komentar di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

Terima Kasih.